Rabu, 14 November 2018

Kota Makassar


Kota makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar dikawasan Indonesia timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibu kota negara Indonesia timur dan provinsi Sulawesi. Makassar dikenal dengan kota yang penduduknya memegang prinsip “SIRI’ NA PACCE” Yaitu menjunjung tinggi harga diri dan tetap rendah hati. Selain itu, makassar juga dikenal dengan adat dan budaya yang hingga saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat sekitar seperti contohnya adat yang dilakukan pada saat pernikahan, mulai dari doe panaik atau biasa disebut mahar hingga angngaru, angngaru sendiri merupakan cara penyambutan salah satu dari mempelai yang datang ke rumah mempelai  yang satunya dengan cara membacakan sebuah puisi dengan nada tegas dan memakai Bahasa daerah makassar dengan memegang sebuah badik (senjata semacam pedang).
Selain dari poin prinsip adat dan budaya, hal yang menarik dari Makassar dapat pula berupa tempat wisata bersejarah berupa benteng pertahanan jepang di masa penjajahan dulu dan rumah adat yang dikenal dengan nama Balla lompoa yang arti Bahasa indonesianya adalah rumah yang besar dengan model nuansa rumah panggung.
Makassar dikenal pula dengan beraneka ragam kuliner khas yang membuat wisatawan tertarik, mulai dari makanan hasil laut, hingga ke makanan ringan. Salah satu makanan khas makassar yang paling terkenal adalah coto dan sup konro yang rasanya selalu membuat wisatawan tertarik untuk mencicipinya.
Sekian yang dapat saya ceritakan tentang kota Makassar yang dikenal dengan kota daeng, Kota makassar bisa menjadi list kalian untuk berlibur bersama keluarga nantinyaJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar